Makanan yang Mengandung Zat Besi Untuk Anak

Tubuh anak anak membutuhkan zat atau senyawa tertentu agar bisa berkembang dan tumbuh bergerak dengan sehat dalam aktivitas keseharian.

Salah satu zat yang harus dipenuhi dalam tubuh ialah zat besi. Lalu, apa sih itu zat besi dan makanan apa saja makanan yang mengandung zat besi untuk anak. Berikut ulasannya.

Kenapa Zat Besi Itu Penting

Sebelum membahas makanan yang kaya akan zat besi anda harus tahu kenapa zat besi itu penting pada tubuh manusia, terutama anak-anak.

Zat besi adalah sejenis mineral yang menjadi komponen terpenting dari hemoglobin yang ada pada tubuh manusia.

Hemoglobin sendiri adalah protein yang ada di sel sel darah merah yang mempunyai fungsi dan tugas untuk membawa oksigen ke seluruh area dalam tubuh melalui paru paru.

Nah, zat besi inilah nantinya yang akan memberikan kekuatan pada hemoglobin agar ia mampu mengikat oksigen oksigen dalam darah manusia.

Jika tubuh tidak memiliki zat besi, maka tubuh tidak akan mampu memproduksi hemoglobin ini dengan utuh sehingga nanti tubuh tidak mampu untuk memproduksi sel sel darah merah dengan normal.

Adapun, kondisi kekurangan zat besi dalam tubuh nantinya akan menyebabkan penyakit tertentu seperti misalnya kekurangan darah atau anemia, sulit konsentrasi dan mudah lemas ketika beraktivitas.

Makanan yang Banyak Mengandung Zat Besi

Zat besi tentu saja terdapat dalam makanan siap makan dan juga produk produk dengan formulasi tertentu seperti misalnya susu.

Adapun, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang memiliki banyak kandungan zat besi yang baik untuk anak.

  • Daging merah yang biasa berasal dari daging sapi, kambing ataupun domba tanpa lemak
  • Berbagai jenis makanan laut atau seafood seperti ikan tuna, iklan salmon dan udang
  • Kacang kacangan seperti misalnya kacang merah, kacang kedelai, hitam, putih dll.
  • Sayuran berwarna hijau seperti brokoli, kangkung dan bayam

Selain yang disebutkan diatas zat besi juga terdapat pada makanan lain seperti misalnya tahu, susu, oatmeal dan juga beberapa jenis makanan lainnya yang tidak kami sebutkan satu persatu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.