Masayuki Uemura, Kreator Nintendo Entertainment System Tutup Usia

Kreator dan arsitek dibalik konsol game Nintendo Entertainment System (NES) dan Super Nintendo Entertainment System (SNES), Masayuki Uemura, telah meninggal.

Kabar tersebut diumumkan oleh Ritsumeikan Center for Game Studies, Ritsumeikan University, Kyoto, Jepang, tempat di mana Uemura memiliki posisi jabatan penting.

Sebagai informasi, Uemura merupakan pendiri sekaligus direktur pertama Ritsumeikan Center for Game Studies, dan juga merupakan seorang dosen yang mengajar pengembangan video game di Ritsumeikan University.

“Masayuki Uemura meninggal pada Senin, 6 Desember 2021 pada usia 78 tahun,” pihak kampus mengumumkan, Kamis, 9 Desember 2021.

Uemura pertama kali bergabung dengan Nintendo pada tahun 1972, dan bekerja dengan perusahaan untuk membuat game senjata ringan, membantu menciptakan pendahulu dari game Duck Hunt. Setelah pindah ke tim R&D2 Nintendo yang baru, ia mengepalai inisiatif konsol rumah skuad—mandat dari presiden saat itu Hiroshi Yamauchi.

Pria kelahiran Tokyo itu memulai pengembangan di Famicom (nama Jepang untuk NES) pada tahun 1981 dalam upaya untuk membawa arcade ke ruang tamu pemain. R&D2 meluncurkan Famicom pada tahun 1983, dan tim Uemura membangun penerusnya, SNES (dikenal sebagai Super Famicom di Jepang), untuk rilis tahun 1990.

Sebelum pensiun pada tahun 2004, Uemura juga membantu membangun game seperti Ice Climbers, Clu Clu Land, Soccer, Baseball, dan Golf. Sementara ia tetap menjadi penasihat penelitian dan pengembangan di masa pensiunnya, Uemura juga menjabat sebagai profesor di Ritsumeikan University.

Penggemar dan pengembang—seperti pencipta Smash Bros, Masahiro Sakurai—mengungkapkan rasa berduka atas kehilangannya di Twitter. “Telah diumumkan bahwa Masayuki Uemura, pencipta Family Computer telah meninggal. Saya berdoa untuk jiwamu. NES adalah konsol game yang paling mempengaruhi saya. Tanpa itu saya tidak akan ada.”

POLYGON | KOTAKU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.