Sirkuit Mandalika Bisa Jadi Tuan Rumah Formula 1 pada 2024

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Nusa Tenggara Barat (NTB) Ridwan Syah bersama Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer menemui Chairman of Formula 1 Steffan Dominoceli di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Jumat, 10 Desember 2021.

Pertemuan Ridwan Syah dan Abdul M Mansoer tersebut membicarakan soal penyelenggaraan Formula 1 di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Menurut Gubernur NTB Zulkieflimansyah pihak Formula 1 tertarik menggelar agenda di Sirkuit Mandalika.

”Pekerjaan rumah nampaknya akan nambah lagi. Formula 1 sangat tertarik untuk menggelar balapan tersebut di NTB,” kata Zulkieflimansyah dalam keterangan persnya, Sabtu malam WIB, 11 Desember 2021 .

Menurutnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menggelar balapan mobil di NTB. Jika semua bisa dipenuhi pada pertengahan 2024, Sirkuit Mandalika sudah bisa menjadi tuan rumah Formula 1 untuk pertama kalinya.

”Betapa luar biasa! Dimana ada kemauan, di situ ada jalan,” ucap orang nomor satu di NTB tersebut.

Kepala Dinas PU NTB Ridwansyah, yang hadir di Abu Dhabi mewakili Gubernur NTB, menjelaskan bagaimana pihak Formula 1 bisa tertarik dengan Sirkuit Mandalika. Menurutnya, President and CEO of Formula 1 Stefano Domenicali, dan Chloe Targett- Adams Director, Race Promotion F1, terkesan dengan penyelenggaran WorldSBK.

”Mereka mengapresiasi sukses event WSBK (WorldSBK), dan keberhasilan penyelenggaraan MotoGP Maret 2022″ ucapnya.

Ridwan Syah menyebutkan pengalaman ITDC saat membawa MotoGP dan WSBK butuh waktu sekitar 2 tahun. Maka, prakiraan waktu yang ideal Mandalika menjadi tuan rumah F1 adalah Tahun 2024. ”Mari kita bergegas,” kata Ridwan Syah.

Apabila Formula 1 benar-benar akan diselenggerakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, maka hal itu akan memberikan dampak positif bagi NTB.

“Bisa di bayangkan impactnya buat kita di NTB dan Indonesia. Idemitsu AsiaTalent Cup (ATC) atau Mini MotoGP juga tetap akan di selenggarakan di Mandalika,” ujarnya.

SUPRIYANTHO KHAFID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.