Umur Hewan Ini bisa Mencapai Ratusan Tahun

Semua spesies hewan memiliki batas umur tertentu. Ada yang umurnya sangat panjang melebihi satu abad. Mengutip web berita sains Live Science, paus kepala busur (Balaena mysticetus) batas umurnya bisa melebihi 100 tahun. National Oceanic and Atmospheric Administration mencatat, bahwa paus kepala busur usianya bisa mencapai 200 tahun. Umur itu hampir sama seperti ikan rockfish rougheye (Sebastes aleutianus) yang hidupnya bisa mencapai dua abad.

Ikan rockfish rougheye hidup di perairan Samudera Pasifik dari California hingga Jepang. Spesies hewan yang juga berumur panjang juga jenis moluska, yaitu kerang mutiara air tawar (Margaritifera margaritifera). Umur kerang mutiara air tawar bisa mencapai 280 tahun. Kerang itu hidup di sungai, bisa ditemukan di Eropa dan Amerika Utara.

International Union for Conservation of Nature (IUCN) mencatat, bahwa kerang mutiara air tawar merupakan spesies yang terancam punah. Populasinya menurun karena berbagai faktor yang berhubungan dengan manusia, termasuk kerusakan dan perubahan habitat sungai.

Hiu greenland (Somniosus microcephalus) yang pernah ditemukan berumur mencapai 272 tahun. Laporan Live Science juga menjelaskan, kemungkinan hiu yang masih bisa bertahan hidup pada umur 392 tahun.

Cacing tabung (Escarpia laminate) juga hidup sampai berumur 300 tahun. Hewan invertebrata —tidak bertulang punggung— ini hidup di perairan Teluk Meksiko. Cacing ini hidupnya di dasar lautan.

RAHMAT AMIN SIREGAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.